12 February 2009

Bahaya dari obat puyer


Sebagian besar dari Anda pasti pernah memberikan racikan obat puyer kepada anak Anda ketika buah hati sedang sakit. Ya, obat yang ditumbuk halus ini nampaknya lebih mudah diminum bagi anak. Tapi tahukah Anda bagaimana proses pembuatan puyer ini. Petugas meletakkan beberapa tablet di sebuah mangkok yang dikenal dengan mortar. Tanpa sarung tangan, biasanya petugas apotek langsung meracik obat. Setelah menjadi halus, racikan obat itu dibagi-bagi ke atas kertas pembungkus tanpa menggunakan alat timbang khusus. Bahkan berdasarkan penelusuran yang dilakukan tim RCTI, ada sebuah apotek yang menghaluskan obat puyer di mortar yang penuh dengan sisa-sisa obat sebelumnya.

Sempatkah Anda berpikir risiko interaksi obat yang digerus dengan obat yang sudah menempel lama di mangkok itu. Bayangkan pula jika ternyata obat yang menempel itu ternyata sangat berbahaya jika tercampur dengan obat yang akan digerus. Sebenarnya, penggerusan obat dengan menggunakan mortar ini memang dinilai sudah sesuai prosedur. Tapi anehnya, proses ini masih dirasa kurang ringkas dan merepotkan. Ada praktek salah satu dokter umum yang meracik obat dengan menggunakan mesin blender. Penelusuran Tim RCTI sempat mengabadikan praktek yang dilakukan dokter umum yang terletak di Setiabudi ini melalui kamera tersembunyi. Ada dua kesalahan besar yang dilakukan sang dokter ini. Pertama, dokter dilarang meracik obat sendiri karena itu tugas seorang farmasis atau apoteker. Kedua, blender yang digunakan terdapat sisa-sia obat sebelumnya. Tidak ada tanggung jawab moral untuk mencuci bersih blender yang telah digunakan sebelumnya. Memang tidak ada aturan penggunaan blender dilarang atau tidak dalam meracik obat. Tapi sejumlah ahli farmasi mengkhawatirkan stabilitas jenis obat tertentu jika kontak dengan logam mesin blender. Inilah sejumlah sisi negatif dan bahaya puyer:

1. Bentuk pengobatan tidak rasional
2. Tidak sesuai dengan CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik)
3. Rentan Polifarmasi
4. Proses peracikan tidak higienis
5. Potensi Human Error sangat besar
6. Stabilitas obat terganggu
7. Sejumlah jenis obat mudah rusak jika digerus
8. Kemungkinan terjadi toksid atau jamur
9. Ketepatan takaran diragukan
10. Sebagian bubuk terbuang
11. Resiko kontaminasi tinggi
sumber : okezone.com

3 comments:

zener_lie on February 12, 2009 at 11:15 PM said...

menakutkannya :)

untuk tak pernah minum obat uyer :)

RiP666 on February 14, 2009 at 8:47 AM said...

iya sama...untuk ga pernah minum

Anonymous said...

As soon as the instance pandora charms sale comes to invest in gold regarding Mommy you pandora sets are going to comprehend precious jewelry is pandora earrings amongst the most excellent treats you buy pandora can actually give your mom. There are many pandora australia jewellery main reasons why folks would like pandora sale to show their own mothers by pandora stockists working with treats. A birthday and mom's birthday are usually a couple of the pandora jewellry very most hardship so that you can select the best presentation pandora charms online pertaining to mom, jewelry is normally something that you mama will forever desire in addition to clothing. The 2010 pandora charms many you will find 6 useful tips for buying the perfect Single parent's precious jewelry. Here are a few issues you will need to be aware of might be the perfect gift idea for Mom. Keeping the following pointers in the mind will let avoid problems and inconveniences.

Related Websites

Advertising

Archive

BLOG Stats

Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Followers

 

BLOGGER Pemula. Copyright 2008 All Rights Reserved BLOGGER Pemula