02 December 2008

Makan ceker ayam cegah osteoporosis






















Osteoporosis atau keropos tulang adalah penyakit tulang rapuh, mudah retak dan patah. Keropos tulang biasanya tidak menimbulkan gejala. Prosesnya berlangsung tanpa disadari. Selama ini orang hanya tahu bahwa mencegah Osteoporosis cukup dengan mengkonsumsi makanan yang berkalsium tinggi. Padahal, kalsium hanya dapat menguatkan tulang bagian luar saja. Sedangkan bagian penting adalah tulang bagian dalam yang akan menentukan kekuatan tulang bagian luar yang dibentuk oleh zat hydroxyapatite. Zat ini komponennya sama dengan komponen tulang dan lapisan keras mamalia. Hydroxyapatite adalah makanan untuk tulang yang berasal dari tulang binatang. Secara logika, memang makanan yang tepat untuk tulang adalah tulang. Nah, salah satu makanan yang banyak mengandung zat hydroxyapatite adalah kaki ayam atau ceker ayam.

Ceker ayam banyak mengandung protein yang terdapat pada kulit, otot, tulang dan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening berwarna kekuning-kuningan. Kalau kena panas, kolagen akan mencair agak kental seperti lem. Susunan utama pada ceker ayam adalah asam amino, yaitu komponen dasar protein. Dalam asam amino antara lain terdapat, glisin-problin, hidroksiprolin-agrinin-glisin. Ceker ayam juga mengandung zat kapur dan sejumlah mineral.

7 comments:

Ruly Abdillah Ginting on December 2, 2008 at 6:56 PM said...

mulai nyeker lagi deh

M2M on December 2, 2008 at 7:10 PM said...

waduh kasihan ayamnya tuh bro, ga punya ceker lagi..hehehhe btw nice post bro.

tyasjetra on December 2, 2008 at 8:00 PM said...

nyam nyam... aku suka soto ceker....

admin on December 2, 2008 at 8:20 PM said...

wah... ternyata ceker bisa juga ya untuk mencegah osteoporosis. Untung deh bunda azka seneng banget mamam ceker, apalagi klo dicampur sama sayur sop. Hem... Yummy banget

Fitriansyah on December 2, 2008 at 9:38 PM said...

emang dsyat tu ceker bagus juga wt baby..

Seno on December 2, 2008 at 9:54 PM said...

wah aku dah lama g makan ceker, ternyata banyak kegunaannya ya. salam

Anonymous said...

wah.. bikin ngiler juga ya..??

Related Websites

Advertising

Archive

BLOG Stats

Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Followers

 

BLOGGER Pemula. Copyright 2008 All Rights Reserved BLOGGER Pemula