13 December 2008

Gunakan kondom demi keselamatan anda


KONDOM sebagai alat kontrasepsi punya kegunaan dua fungsi, yakni mencegah infeksi menular seksual (IMS) pada saat bersenggama dan memperlambat pertumbuhan penduduk. Dengan demikian, jangan pernah menyepelekan fungsi kondom. Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), Dr Nafsiah Mboi SpA MPH mengatakan, data Departemen Kesehatan RI pada Juni 2007 memperlihatkan jumlah orang yang terinfeksi HIV di 194 kabupaten di seluruh Indonesia tercatat sebanyak 14.628 orang, terdiri atas 5.813 HIV dan 9.689 AIDS. ''Banyaknya kasus tersebut karena kurangnya pemahaman penggunaan kondom pada mereka yang melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Misalnya berganti- ganti pasangan,'' jelas Nafsiah di acara press briefing Pekan Kondom Nasional (PKN) di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Nafsiah yang mendapat gelar MPHdi Belgia ini menuturkan, setiap hubungan seksual yang berisiko penularan HIV/- AIDS sebaiknya menggunakan kondom sebagai perilaku yang bertanggung jawab. Selain itu, kondom juga digunakan untuk mencegah kehamilan yang tidak dikehendaki. ''Saat ini, data Departemen Kesehatan pada Agustus 2007 menyebutkan, jumlah kasus aborsi di Indonesia mencapai 2,3 juta kasus per tahun. Hal ini belum termasuk aborsi nonmedis," ujar dokter yang pernah menjadi ketua komite hak-hak anak untuk PBB ini. Dokter kelahiran Sengkang, Sulawesi Selatan, 14 Juli 1940 ini menjelaskan, langkah terbaik menghindari kehamilan yang tidak direncanakan dan IMS adalah dengan ABCD yaitu Abstinence (pantang berhubungan seks), Be Faithful (saling setia), Condom (pemakaian kondom) dan Don't share needle (jangan bergantian jarum suntik). Efektivitasnya juga dipengaruhi penggunanya, konsistensi, dan pemakaian yang tepat serta benar wajib dilakukan di saat melakukan hubungan seksual yang berisiko.

Sementara itu, Sekretaris Utama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Sudibyo Alimoeso mengatakan bahwa kesehatan reproduksi adalah hak setiap individu sama seperti pemilihan untuk menggunakan kondom. Awalnya, kondom hanya digunakan untuk pasangan yang ingin mengikuti keluarga berencana. Tetapi untuk saat ini tidak. "Kali ini kondom adalah dual protection, yaitu untuk keluarga berencana dan untuk pencegahan HIV/AIDS. Dan kondom adalah metode ampuh untuk mencegah penyakit ini," tegasnya.


sumber : okezone.com

2 comments:

daus oh daus on December 13, 2008 at 9:12 PM said...

ga mau ah.. pake kondom ga asooyy.
kurang afdol rasanya hehehe

Dewa on December 14, 2008 at 3:43 AM said...

setuju bro...
Kalo mau sehat ya harus pake tu pengaman..biar ga kena flu "burung"..hehehe..

Salam kenal ya...

Related Websites

Advertising

Archive

BLOG Stats

Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Followers

 

BLOGGER Pemula. Copyright 2008 All Rights Reserved BLOGGER Pemula